Bamsoet Gelar Turnamen Catur Antar Wartawan Tingkat Nasional Piala Ketua MPR

Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka – Ketua MPR sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) menyelenggarakan Turnamen Catur Antar Wartawan Tingkat Nasional Piala Ketua MPR. Para peserta yang terdaftar mencapai 102 peserta wartawan dari media cetak maupun elektronik (televisi, radio, online). Terdiri dari para wartawan yang bertugas di berbagai pos kementerian/lembaga negara dan instansi pemerintahan. Bahkan juga dari berbagai daerah luar Jawa.

Berbagai hadiah menarik telah disiapkan. Juara I mendapatkan Piala dan uang pembinaan Rp 7,5 juta. Juara II mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 5 juta. Juara III mendapatkan Piala dan uang pembinaan Rp 3 juta.

Tahun ini, MPR dua kali menyelenggarakan dua turnamen catur. Pertama, Turnamen Catur Piala Ketua MPR antar wartawan yang berada di Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang diselenggarakan pada Agustus 2023. Kedua, Turnamen Catur Antar Wartawan Tingkat Nasional Piala Ketua MPR. Sebelumnya, MPR bersama Ketua Umum Percasi Utut Hardianto juga sudah menyelenggarakan tiga kali Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master.

“Saat menjabat Ketua DPR, saya juga pernah menyelenggarakan turnamen catur memperebutkan Piala Ketua DPR pada 23 Maret 2019, bahkan mendapatkan Rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) sebagai Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak,” ujar Bamsoet, saat membuka Turnamen Catur Antar Wartawan Tingkat Nasional Piala Ketua MPR, di Loby Gedung Nusantara V MPR, Jakarta, Selasa (21/11).

Turut hadir antara lain, Plt Sekjen MPR.Siti Fauziah, Deputi Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Konstitusi, Hentoro Cahyono, dan Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Ariawan.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain sebagai penegasan bahwa gedung parlemen adalah “rumah rakyat”, penyelenggaraan turnamen catur ini juga merepresentasikan sikap keberpihakan, kepedulian, dan dukungan MPR untuk memajukan olahraga catur di Indonesia.

“Dukungan entitas parlemen pada olahraga catur dibuktikan oleh fakta, bahwa kejuaraan catur telah sukses digelar di gedung parlemen selama lima tahun berturut-turut, sejak 2019 hingga sekarang. Namun tentunya serangkaian turnamen catur tersebut tidak akan terselenggara dengan baik, tanpa adanya dukungan dari segenap pemangku kepentingan, terutama PB Percasi, yang secara konsisten membangun sinergi dan kolaborasi dengan komunitas pecinta catur di lingkungan parlemen,” jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menyadari sepenuhnya, bagi lembaga parlemen, baik MPR, DPR, maupun DPD, peran dan kontribusi media massa bernilai penting dan strategis. Khususnya dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat atas berbagai produk legislasi dan kebijakan politik nasional. Di sisi lain, bagi media massa, parlemen merupakan center of gravity sebagai sumber liputan pemberitaan yang menarik dan memiliki “nilai jual”.

“Hubungan simbiosis mutualisme tersebut perlu terus dibangun dan dikembangkan, agar ke depan, fungsi diseminasi informasi publik dapat tetap terpenuhi. Kualitas hubungan kerjasama antara media massa dengan lembaga parlemen juga perlu ditingkatkan. Khususnya dalam kerangka menyediakan wahana pendidikan politik yang sehat dan mencerdaskan bagi rakyat, dan sekaligus meningkatkan literasi publik atas konsepsi wawasan kebangsaan,” pungkas Bamsoet.https://belahsamping.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*