Top! Pemerintah Diskon Tol 20 Persen Selama Mudik Dan Balik, Catat Tanggalnya

Ilustrasi jalur tol Jakarta-Cikampek (Japek). Foto: M Qori Haliana/RM
Ilustrasi jalur tol Jakarta-Cikampek (Japek). Foto: M Qori Haliana/RM

RM.id  Rakyat Merdeka – Pemerintah memberikan angin segar bagi pemudik Lebaran 2024 dengan diskon tarif tol hingga 20 persen di ruas utama jalur mudik dan balik. Kebijakan ini diharapkan dapat mendistribusikan lalu lintas dan menghindari penumpukan di hari puncak.

Diskon tarif tol ini dipastikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Pemberian Diskon Tarif Tol Periode Mudik Lebaran 1445H/2024M, Selasa (2/4).

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif pihak terkait untuk memberikan diskon tarif tol,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dilansir dari InfoPublik.id.

Diskon tarif tol berlaku pada periode arus mudik 3-5 April 2024 dan arus balik 16-19 April 2024. Catat juga jam diskonnya: yakni mulai pukul 5 pagi di awal periode hingga jam yang sama di akhir periode. Baik saat mudik maupun balik. 

Potongan tarif 20 persen ini diberikan untuk ruas tol utama Trans Jawa, seperti Palimanan-Kanci, Semarang-Batang, dan Jakarta-Cikampek.

“Pemberlakukan diskon tarif tol pada ruas jarak jauh dikarenakan berdasarkan data historis sebanyak 41 persen pemudik menggunakan jalur tersebut,” jelas Menko Muhadjir.

Kebijakan ini merupakan usaha pemerintah untuk mendistribusikan lalu lintas dengan mendorong mudik lebih awal. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungan potongan tarif tol dan jalan yang belum terlalu padat.

Diskon tarif tol juga berlaku di Tol Arah Barat menuju Merak, Banten, dan arah Sumatera mulai 5-19 April 2024.

Menko Muhadjir menekankan pentingnya sosialisasi masif agar masyarakat dapat memanfaatkan diskon ini. 

Diperkirakan 193,6 juta orang akan melakukan mudik Idulfitri 2024, dengan 18,3 persen menggunakan kendaraan pribadi. 

Puncak arus mudik diprediksi pada H-2 Lebaran (8 April 2024) dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang, dan puncak arus balik pada H+3 (14 April 2024) dengan potensi pergerakan 41 juta orang.https://tipatkaiganteng.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*