Pria Tertua Di Dunia Asal Inggris : Panjang Umur Itu Keberuntungan

Pria tertua di dunia, John Alfred Tinniswood (Foto: Guiness World Records)
Pria tertua di dunia, John Alfred Tinniswood (Foto: Guiness World Records)

RM.id  Rakyat Merdeka – Pria Inggris John Alfred Tinniswood dinobatkan sebagai pria tertua di dunia, dalam usia 111 tahun 224 hari. Penobatan ini diumumkan Guinness World Records pada Jumat (5/4/2024), dua hari setelah mengumumkan kematian mantan pemegang gelar Juan Vicente Pérez pada usia 114 tahun, sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-115.

“Anda bisa berumur panjang atau pendek, dan Anda tidak bisa berbuat banyak mengenai hal ini,” kata Tinniswood dalam sebuah wawancara dengan Guinness, seperti dilansir CNN International, Jumat (5/4/2024).

Tinniswood mengungkap, tak ada resep khusus untuk berumur panjang. Menurutnya, itu hanya keberuntungan. Namun dia mengaku memiliki kebiasaan sehat: tidak merokok dan jarang mengkonsumsi minuman beralkohol. Setiap Jumat, Tinniswood selalu makan ikan dan keripik. 

“Jangan berlebihan dalam hidup. Jika Anda melakukan terlalu banyak hal seperti makan, minum, dan jalan-jalan, Anda akan menderita,” ujarnya.

Tinniswood yang lahir di Liverpool, wilayah barat laut Inggris pada 26 Agustus 1912, Tinniswood telah melewati dua perang dunia, serta pandemi Influenza Besar dan Covid-19.

Pemegang rekor veteran pria Perang Dunia II tertua yang masih hidup ini, lahir pada tahun yang sama ketika Kapal Titanic tenggelam. Fans setia Liverpool ini telah 19 kali menyaksikan The Reds meraih kemenangan liga, dan delapan kemenangan Piala FA.

Saat ini, Tinniswood yang sudah menjadi kakek buyut, tinggal di panti jompo di kota tepi pantai Southport, Inggris.

Kepada BBC, Manajer Panti Jompo Katie Howard mengaku terhormat, mendapat kesempatan merawat Tinniswood. “Dia individu luar biasa, dengan begitu banyak cerita untuk dikisahkan. Dia senang membaca koran dan mendengarkan radio,” tutur Katie. 

Wanita tertua yang masih hidup di dunia adalah Maria Branyas Morera. Wanita berusia 117 tahun itu tinggal di Spanyol.https://belahsamping.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*